Penyebab Laptop Menjadi Lemot dan Cara Mengatasinya

SSUCv3H4sIAAAAAAAEAH1RsW7DIBTcK/UfLGZbtU1M4o6t1LlDt6jDC35xUDFYBlJFkf+9YGyVoerG3b13cMf98SHLyAmM4OQ5uwfksZDSGTuBFVp5usxXHjth9SRABjJw86IQY8E6gyZYrBQHi72fjeS6v91zjDjbhEX0G14iH8gvSkvd30ieqMadgvqqh9FZnAzZtDn/x+zFGaHQmKc3oUBx/MvyHfUo8dcvHj63zNCj4rclWZJ4QokQEx/jKPn69u8a0g6uokOdYHCd0EkdV81BhgWaOI+T4EL1yZq2F5zSav3f6CEhlLbLS0iMRzrffYAVraq2LsuKHRrWsLbZrwOiCzI7n6uW0UPBaQvFbldjAW1VFntgNYWSIad7X8v8AzavdaQkAgAA

SSUCv3H4sIAAAAAAAEAH1RsW7DIBTcK/UfLGZbtU1M4o6t1LlDt6jDC35xUDFYBlJFkf+9YGyVoerG3b13cMf98SHLyAmM4OQ5uwfksZDSGTuBFVp5usxXHjth9SRABjJw86IQY8E6gyZYrBQHi72fjeS6v91zjDjbhEX0G14iH8gvSkvd30ieqMadgvqqh9FZnAzZtDn/x+zFGaHQmKc3oUBx/MvyHfUo8dcvHj63zNCj4rclWZJ4QokQEx/jKPn69u8a0g6uokOdYHCd0EkdV81BhgWaOI+T4EL1yZq2F5zSav3f6CEhlLbLS0iMRzrffYAVraq2LsuKHRrWsLbZrwOiCzI7n6uW0UPBaQvFbldjAW1VFntgNYWSIad7X8v8AzavdaQkAgAA

Paketsoftware.com – Industri kreatif merupakan salah satu bidang yang sangat menjanjikan di zaman berteknologi canggih ini, dan kita tentunya juga dituntut untuk memiliki mobilitas yang tinggi. Salah satu perangkat yang cocok dan mendukung kerja dan aktivitas kalian adalah laptop. Dengan menggunakan laptop maka pekerjaan akan terbantu dimanapun itu dan kapanpun itu.

Silahkan baca juga : Inilah jadwal rilis ubuntu 17.04 Zesty zapus berserta fitur fitur nya

Masalah yang sering terjadi pada laptop adalah dari segi performa. Banyak keluhan yang menyebutkan bahwa performa laptop menurun setelah beberapa bulan dipakai. Lantas apa yang harus kalian lakukan jika laptop kesayangan sudah mulai terasa lambat saat digunakan? Atau bahkan sering mati mendadak.

Masalah penurunan performa laptop bisa menjadi masalah yang memusingkan bagi pengguna awam. Maka kali ini kami akan memberikan beberapa penjelasan mengenai penyebab performa laptop yang lemot dan juga bagaimana cara mengatasinya.

1. Hard Drive Melemah
Kalian wajib untuk mengetahui jenis hard drive yang digunakan pada laptop. Jika laptop masih menggunakan jenis hard drive konvensional yaitu HDD (Hard Disk Drive), maka sangat disarankan untuk mengupgrade atau menggantinya menjadi hard drive jenis SSD (Solid State Drive) yang memiliki kemampuan lebih cepat dan juga awet dibandingkan dengan HDD.

HDD masih memiliki beberapa kelemahan yang dapat mempengaruhi performa laptop seperti proses membaca dan menyimpan data yang dapat memakan waktu dan daya yang lebih besar. perlu juga kalian ketahui kalau HDD sangat rentan terhadap goncangan atau benturan.

2. Data dan Program yang Menumpuk
Semakin banyak data dan software yang tersimpan di dalam hard drive, maka akan membebani kinerja hard drive dalam membaca dan mencari data yang kalian butuhkan. Tentunya hal seperti ini dapat membuat performa laptop menjadi semakin lambat setiap kali digunakan.

Tentu saja solusinya adalah dengan mengganti jenis hard drive. Namun masih ada solusi yang lebih sederhananya yaitu dengan rutin merapikan dan menghapus data atau file. Kemudian rutin juga untuk menghapus program yang sudah tidak digunakan lagi di laptop.

3. Terlalu Banyak Multitasking
Aktivitas multitasking merupakan salah satu yang dapat menyebabkan performa laptop menjadi lambat, seperti membuka browser dengan puluhan tab atau membuka beberapa program berat dalam waktu yang bersamaan.

Hal yang harus di lakukan adalah membuka Task Manager dan lihat tab Processes. Nah, dari situ bisa di lihat daftar program yang sedang berjalan dan memakan banyak RAM. Solusi permasalahan seperti ini adalah bukalah program yang dibutuhkan saja, jika kalian harus membuka banyak program, maka bukalah secara bergantian.

4. Kapasitas RAM Menipis
Faktor lain yang dapat menurunkan performa laptop adalah kondisi dan kapasitas RAM. Fungsi dari RAM adalah sebagai media penyimpanan data sementara.

Besarnya jumlah data yang berjalan saat melakukan aktivitas multitasking, efek panas laptop yang dihasilkan saat digunakan, hingga banyaknya program yang terinstal, makin lama akan membuat beban kerja RAM bertambah.

Hal yang harus di lakukan adalah dengan menambah atau mengupgrade kapasitas RAM. Pastikan untuk memilih RAM dengan kualitas yang bagus atau sesuaikan saja dengan kebutuhan. Kalau ingin performa yang stabil minimal menggunakan 4GB. Sebelum menambah kapasitas RAM, ada baiknya untuk membaca dibuku panduan laptop kalian mengenai berapa ukuran RAM maksimal pada laptop tersebut.

5. Update Otomatis
Sistem operasi memang menawarkan banyak fitur baru yang canggih, meningkatkan keamanan dan performa laptop itu sendiri. Jadi melakukan update itu memang sangat disarankan agar sistem operasi yang digunakan lebih maksimal dan kekinian. Namun, fitur Windows Update yang berjalan dapat menyebabkan performa laptop menjadi menurun dan juga baterai laptop cepat habis.

Salah satu solusi yang bisa di lakukan adalah dengan mengatur jam aktif kapan windows update berjalan sehingga tidak mengganggu saat jam kerja. Caranya, buka Settings >> Windows Update.

Itulah beberapa penyebab performa laptop menurun dan juga cara mengatasinya. Ada tambahan juga yaitu dari perawatan yang turut mempengaruhi performa sebuah laptop.

loading…


Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*