Surah Az-Zukhruf ( Ayat 41-60 ) ~ ~ Bacaan [ Arab – Latin – Terjemah Bahasa Indonesia ]

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismi allaahi alrrahmaani alrrahiimi

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 41

فَإِمَّا نَذْهَبَنَّ بِكَ فَإِنَّا مِنْهُمْ مُنْتَقِمُونَ

41. Fa-immaa nadzhabanna bika fa-innaa minhum muntaqimuuna

41. Sungguh, jika kami mewafatkan kamu (sebelum kamu mencapai kemenangan) Maka Sesungguhnya kami akan menyiksa mereka (di akhirat)


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 42

أَوْ نُرِيَنَّكَ الَّذِي وَعَدْنَاهُمْ فَإِنَّا عَلَيْهِمْ مُقْتَدِرُونَ

42. Aw nuriyannaka alladzii wa’adnaahum fa-innaa ‘alayhim muqtadiruuna

42. Atau kami memperlihatkan kepadamu (azab) yang Telah kami ancamkan kepada mereka[1358]. Maka Sesungguhnya kami berkuasa atas mereka

[1358] Maksudnya ialah kemenangan Nabi Muhammad S.A.W. dan kehancuran kaum musyrik


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 43

فَاسْتَمْسِكْ بِالَّذِي أُوحِيَ إِلَيْكَ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

43. Faistamsik bialladzii uuhiya ilayka innaka ‘alaa shiraathin mustaqiimin

43. Maka berpegang teguhlah kamu kepada agama yang Telah diwahyukan kepadamu. Sesungguhnya kamu berada di atas jalan yang lurus


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 44

وَإِنَّهُ لَذِكْرٌ لَكَ وَلِقَوْمِكَ ۖ وَسَوْفَ تُسْأَلُونَ

44. Wa-innahu ladzikrun laka waliqawmika wasawfa tus-aluuna

44. Dan Sesungguhnya Al Quran itu benar-benar adalah suatu kemuliaan besar bagimu dan bagi kaummu dan kelak kamu akan diminta pertanggungan jawab


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 45

وَاسْأَلْ مَنْ أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رُسُلِنَا أَجَعَلْنَا مِنْ دُونِ الرَّحْمَٰنِ آلِهَةً يُعْبَدُونَ

45. Wais-al man arsalnaa min qablika min rusulinaa aja’alnaa min duuni alrrahmaani aalihatan yu’baduuna

45. Dan tanyakanlah kepada rasul-rasul kami yang Telah kami utus sebelum kamu: “Adakah kami menentukan tuhan-tuhan untuk disembah selain Allah yang Maha Pemurah?”


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 46

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مُوسَىٰ بِآيَاتِنَا إِلَىٰ فِرْعَوْنَ وَمَلَئِهِ فَقَالَ إِنِّي رَسُولُ رَبِّ الْعَالَمِينَ

46. Walaqad arsalnaa muusaa bi-aayaatinaa ilaa fir’awna wamala-ihi faqaala innii rasuulu rabbi al’aalamiina

46. Dan Sesunguhnya kami Telah mengutus Musa dengan membawa mukjizat- mukjizat kami kepada Fir’aun dan pemuka-pemuka kaumnya. Maka Musa berkata: “Sesungguhnya aku adalah utusan dari Tuhan seru sekalian alam”


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 47

فَلَمَّا جَاءَهُمْ بِآيَاتِنَا إِذَا هُمْ مِنْهَا يَضْحَكُونَ

47. Falammaa jaa-ahum bi-aayaatinaa idzaa hum minhaa yadhakuuna

47. Maka tatkala dia datang kepada mereka dengan membawa mukjizat- mukjizat kami dengan serta merta mereka mentertawakannya


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 48

وَمَا نُرِيهِمْ مِنْ آيَةٍ إِلَّا هِيَ أَكْبَرُ مِنْ أُخْتِهَا ۖ وَأَخَذْنَاهُمْ بِالْعَذَابِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

48. Wamaa nuriihim min aayatin illaa hiya akbaru min ukhtihaa wa-akhadznaahum bial’adzaabi la’allahum yarji’uuna

48. Dan tidaklah kami perlihatkan kepada mereka sesuatu mukjizat kecuali mukjizat itu lebih besar dari mukjizat-mukjizat yang sebelumnya. dan kami timpakan kepada mereka azab[1359] supaya mereka kembali (ke jalan yang benar)

[1359] Yang dimaksud azab di sini ialah azab duniawi sebagai cobaan dari Tuhan seperti kurangnya makanan, berjangkitnya hama tumbuh-tumbuhan dan lain-lain


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 49

وَقَالُوا يَا أَيُّهَ السَّاحِرُ ادْعُ لَنَا رَبَّكَ بِمَا عَهِدَ عِنْدَكَ إِنَّنَا لَمُهْتَدُونَ

49. Waqaaluu yaa ayyuhaa alsaahiru ud’u lanaa rabbaka bimaa ‘ahida ‘indaka innanaa lamuhtaduuna

49. Dan mereka berkata: “Hai ahli sihir[1360], berdoalah kepada Tuhanmu untuk (melepaskan) kami sesuai dengan apa yang Telah dijanjikan-Nya kepadamu; Sesungguhnya kami (jika doamu dikabulkan) benar-benar akan menjadi orang yang mendapat petunjuk

[1360] Yang mereka maksud dengan ahli sihir di sini ialah Nabi Musa A.S.


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 50

فَلَمَّا كَشَفْنَا عَنْهُمُ الْعَذَابَ إِذَا هُمْ يَنْكُثُونَ

50. Falammaa kasyafnaa ‘anhumu al’adzaaba idzaa hum yankutsuuna

50. Maka tatkala kami hilangkan azab itu dari mereka, dengan serta merta mereka memungkiri (janjinya)


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 51

وَنَادَىٰ فِرْعَوْنُ فِي قَوْمِهِ قَالَ يَا قَوْمِ أَلَيْسَ لِي مُلْكُ مِصْرَ وَهَٰذِهِ الْأَنْهَارُ تَجْرِي مِنْ تَحْتِي ۖ أَفَلَا تُبْصِرُونَ

51. Wanaadaa fir’awnu fii qawmihi qaala yaa qawmi alaysa lii mulku mishra wahaadzihi al-anhaaru tajrii min tahtii afalaa tubshiruuna

51. Dan Fir’aun berseru kepada kaumnya (seraya) berkata: “Hai kaumku, bukankah kerajaan Mesir Ini kepunyaanku dan (bukankah) sungai-sungai Ini mengalir di bawahku; Maka apakah kamu tidak melihat(nya)?


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 52

أَمْ أَنَا خَيْرٌ مِنْ هَٰذَا الَّذِي هُوَ مَهِينٌ وَلَا يَكَادُ يُبِينُ

52. Am anaa khayrun min haadzaa alladzii huwa mahiinun walaa yakaadu yubiinu

52. Bukankah aku lebih baik dari orang yang hina ini dan yang hampir tidak dapat menjelaskan (perkataannya)?


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 53

فَلَوْلَا أُلْقِيَ عَلَيْهِ أَسْوِرَةٌ مِنْ ذَهَبٍ أَوْ جَاءَ مَعَهُ الْمَلَائِكَةُ مُقْتَرِنِينَ

53. Falawlaa ulqiya ‘alayhi aswiratun min dzahabin aw jaa-a ma’ahu almalaa-ikatu muqtariniina

53. Mengapa tidak dipakaikan kepadanya gelang dari emas[1361] atau malaikat datang bersama-sama dia untuk mengiringkannya?”

[1361] Maksudnya: Kenapa Allah tidak memakaikan gelang mas kepada Nabi Musa A.S. sebab menurut kebiasaan mereka apabila seseorang akan diangkat menjadi pemimpin mereka mengenakan gelang dan kalung emas kepadanya sebagai tanda kebesaran


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 54

فَاسْتَخَفَّ قَوْمَهُ فَأَطَاعُوهُ ۚ إِنَّهُمْ كَانُوا قَوْمًا فَاسِقِينَ

54. Faistakhaffa qawmahu fa-athaa’uuhu innahum kaanuu qawman faasiqiina

54. Maka Fir’aun mempengaruhi kaumnya (dengan perkataan itu) lalu mereka patuh kepadanya. Karena Sesungguhnya mereka adalah kaum yang fasik


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 55

فَلَمَّا آسَفُونَا انْتَقَمْنَا مِنْهُمْ فَأَغْرَقْنَاهُمْ أَجْمَعِينَ

55. Falammaa aasafuunaa intaqamnaa minhum fa-aghraqnaahum ajma’iina

55. Maka tatkala mereka membuat kami murka, kami menghukum mereka lalu kami tenggelamkan mereka semuanya (di laut),


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 56

فَجَعَلْنَاهُمْ سَلَفًا وَمَثَلًا لِلْآخِرِينَ

56. Faja’alnaahum salafan wamatsalan lil-aakhiriina

56. Dan kami jadikan mereka sebagai pelajaran dan contoh bagi orang-orang yang kemudian


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 57

وَلَمَّا ضُرِبَ ابْنُ مَرْيَمَ مَثَلًا إِذَا قَوْمُكَ مِنْهُ يَصِدُّونَ

57. Walammaa dhuriba ibnu maryama matsalan idzaa qawmuka minhu yashidduuna

57. Dan tatkala putra Maryam (Isa) dijadikan perumpamnaan tiba-tiba kaummu (Quraisy) bersorak karenanya


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 58

وَقَالُوا أَآلِهَتُنَا خَيْرٌ أَمْ هُوَ ۚ مَا ضَرَبُوهُ لَكَ إِلَّا جَدَلًا ۚ بَلْ هُمْ قَوْمٌ خَصِمُونَ

58. Waqaaluu aaalihatunaa khayrun am huwa maa dharabuuhu laka illaa jadalan bal hum qawmun khashimuuna

58. Dan mereka berkata: “Manakah yang lebih baik tuhan-tuhan kami atau dia (Isa)?” mereka tidak memberikan perumpamaan itu kepadamu melainkan dengan maksud membantah saja, Sebenarnya mereka adalah kaum yang suka bertengkar[1362]

[1362] Ayat 57 dan 58 di atas menceritakan kembali kejadian sewaktu Rasulullah Muhammad S.A.W. membacakan di hadapan orang Quraisy surat Al-Anbiya ayat 98 yang artinya Sesungguhnya kamu dan yang kamu sembah selain Allah adalah kayu bakar Jahannam. Maka seorang Quraisy bernama Abdullah bin Az Zab’ari menanyakan kepada Rasulullah Muhammad S.A.W. tentang keadaan Nabi Isa yang disembah orang Nasrani apakah beliau juga menjadi kayu bakar neraka Jahannam seperti halnya sembahan-sembahan mereka. Rasulullah terdiam dan merekapun mentertawakannya; lalu mereka menanyakan lagi mengenai mana yang lebih baik antara sembahan-sembahan mereka dengan Nabi Isa A.S. Pertanyaan-pertanyan mereka ini hanyalah mencari perbantahan saja, bukanlah mencari kebenaran. jalan pikiran mereka itu adalah kesalahan yang besar. Nabi Isa A.S. bahwa beliau disembah dan tidak pula rela dijadikan sembahan


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 59

إِنْ هُوَ إِلَّا عَبْدٌ أَنْعَمْنَا عَلَيْهِ وَجَعَلْنَاهُ مَثَلًا لِبَنِي إِسْرَائِيلَ

59. in huwa illaa ‘abdun an’amnaa ‘alayhi waja’alnaahu matsalan libanii israa-iila

59. Isa tidak lain hanyalah seorang hamba yang kami berikan kepadanya nikmat (kenabian) dan kami jadikan dia sebagai tanda bukti (kekuasaan Allah) untuk Bani lsrail[1363]

[1363] Ayat Ini menegaskan pandangan Islam terhadap kedudukan Nabi lsa A.S.


Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 60

وَلَوْ نَشَاءُ لَجَعَلْنَا مِنْكُمْ مَلَائِكَةً فِي الْأَرْضِ يَخْلُفُونَ

60. Walaw nasyaau laja’alnaa minkum malaa-ikatan fii al-ardhi yakhlufuuna

60. Dan kalau kami kehendaki benar-benar kami jadikan sebagai gantimu di muka bumi malaikat-malaikat yang turun temurun


Silahkan Baca Juga : Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 21-40
Download Gratis : Al Qur’an Surah Az-Zukhruf : Ayat 41-60.PDF

[1358] Maksudnya ialah kemenangan Nabi Muhammad S.A.W. dan kehancuran kaum musyrik

[1359] Yang dimaksud azab di sini ialah azab duniawi sebagai cobaan dari Tuhan seperti kurangnya makanan, berjangkitnya hama tumbuh-tumbuhan dan lain-lain

[1360] Yang mereka maksud dengan ahli sihir di sini ialah Nabi Musa A.S.

[1361] Maksudnya: Kenapa Allah tidak memakaikan gelang mas kepada Musa, sebab menurut kebiasaan mereka apabila seseorang akan diangkat menjadi pemimpin mereka mengenakan gelang dan kalung emas kepadanya sebagai tanda kebesaran

[1362] Ayat 57 dan 58 di atas menceritakan kembali kejadian sewaktu Rasulullah Muhammad S.A.W. membacakan di hadapan orang Quraisy surat Al-Anbiya ayat 98 yang artinya Sesungguhnya kamu dan yang kamu sembah selain Allah adalah kayu bakar Jahannam. Maka seorang Quraisy bernama Abdullah bin Az Zab’ari menanyakan kepada Rasulullah Muhammad S.A.W. tentang keadaan Nabi Isa yang disembah orang Nasrani apakah beliau juga menjadi kayu bakar neraka Jahannam seperti halnya sembahan-sembahan mereka. Rasulullah terdiam dan merekapun mentertawakannya; lalu mereka menanyakan lagi mengenai mana yang lebih baik antara sembahan-sembahan mereka dengan Nabi Isa A.S. Pertanyaan-pertanyan mereka Ini hanyalah mencari perbantahan saja, bukanlah mencari kebenaran. jalan pikiran mereka itu adalah kesalahan yang besar. Nabi Isa A.S. bahwa beliau disembah dan tidak pula rela dijadikan sembahan

[1363] Ayat Ini menegaskan pandangan Islam terhadap kedudukan Nabi lsa A.S.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*